Sabtu, 06 April 2019

Game Level 1 (Day 10) 10 Hari Tantangan Komunikasi Produktif

Oleh Desry Praharani
Kelas Bunsay#5
Ibu Profesional Bandung




Bismillahirohmanirohim.  


Alhamdulillah sudah memasuki hari ke-10 untuk tantangan 10 hari Komunikasi Produktif. 
Point komprod untuk anak hari ini adalah:
1. Mengendalikan Emosi
2. Intonasi suara dan gunakan suara ramah
3. Mengatakan keinginan
4. Ganti perintah dengan pilihan




Hari ini sungguh sangat besar sekali godaan atau ujiannya. Bangun tidur Sakura udah mulai ngerengek/uring-uringan, minta ini itu aja sambil nangis dan ga sabaran. Selain itu, ketika jalan-jalan pagi ke minimarket, Ia mulai minta sesuatu, hanya saya stop keinginanya dan diganti yang lain yang sekiranya bermanfaat dan memang dapat dimakan daripada beli sesuatu yang nantinya terbuang.
Setelah pulang dari mnimarket lalu kami pulang dan sarapan.

Mumpung masih pagi, kami segera bergegas untuk pergi ke kosan untuk membereskan kamar yang akan ditempati oleh anak baru. Dengan berbekal makanan dan minuman untuk Sakura agar Ia tidak rewel saat aku membereskan barang-barang.




Terpaksa ku pinjamkan hpku untuk Sakura nonton film anak kesukaannya dengan duduk tenang. Agar aku membereskan dan memindahkan barang-barang dengan tenang. Tetapi, ternyata jaringan internet sedang terganggu, sehingga Sakura tidak dapat menonton film kesukaannya dengan tenang, Iapun mulai merengek nangis, aku memberi tahukan melalui chat abinya kalo Sakura merengek, sedangkan aku menyelesaikan memindahkan baranag-barang milik abinya Sakura ke gudang. Akhirnya ditengah-tengah kerja abinya, Ia menemani Sakura Videocall agar Sakura dapat duduk dengan tenang dan tidak merasa sendiri.

lumayan satu jam Ia dapat tenang sambil mengobrol dengan abinya di VC, Tapi karena jaringannya yang kurang baik. Sakura pun merengek kembali minta pulang ke rumah. setelah beres memindahkan barang-barang milik abinya dan menyiapkan kamar untuk anak kosan baru Kamipun pulang kambali ke rumah, ternyata Sakura lapar ingin beli ayan goreng. Ya sudah akhirnya ketika pulang , kami ke jalan umum terlebih dahulu untuk membeli ayam goreng kesukaan Sakura.

Sore harinya Sakura mulai merengek minta jajan coklat, padahal kue di rumah banyak untuk stok Sakura, coklat pun ada. Tapi dasar minta coklat lain, Ia keukeuh ingin jajan sambil merengek nangis. Aku yang sedang sensi atau ga mood hari ini karena membaca chat yang terkesan "Komunikasi tidak Produktif" membuatku terasa tidak nyaman, akhirnya saya mulai tergoda emosi dan mulai berkata mengarah kalimat tidak produktif.
👧: "Ummi..mau jajan coklat.." sambi terisak-isak
👩: "nanti lagi ya jajannya, kue kan banyak, itu udah beli donat coklat, coklat di kulkas ada." jawabku sambil membuka kulkas dan memberika coklat yang disimpan di kulkas.
👧: "ga mau,,mau jajan coklat yang panjang." rengekannya makin menjadi
👩: karena suasana hati lagi ga baik. akhirya aku kurang baik mengontrol emosiku sendiri.
"teteh tuh jangan jajan terus, makana  banyak jangan mubadzir, mubadzir itu temennya syetan. teteh mau temanan sama syetan?"
👧: "mau coklat panjaaaaaaang.."
👩: "teteh kan mau sekolah, nanti uangnya ditabung buat bayar sekolah. teteh mau, kalo ga jadi sekolahnya? nanti temen-temen sekolah, teteh ga sekolah, gimana?" jawabku mulai kurang terkontrol emosiku.
👧: "mau coklat umiiiii." sambil menangis
👩: "uangnya habis!"
kutinggalkan Isa yang sedang menangis sambil tiduran di kasur mini di ruang Tv. Aku pergi amabil air wudhu dan shlalat ashar, sambil beristighar dan menangis. rasanya hari ini ujianny luar biasa, beberapa faktor yang membuat aku jadi kurang mood hari ini.

Aku mulai terdiam sampai malam ini, sikapku biasa dan tidak banya bicara pada Sakura. Caraku agar aku dapat lebih tenang kembali. Tetapi, masyaAllah, justru Sakura sendiri yang berusaha berkomunikasi produktif denganku. Mendekatiku, dan berkata bahwa Ia anak baik, dan memelukku bahkan mengusap punggungku sepertinya Ia tau bahwa aku sedang kurang mood. Selain itu, Ia berkata lagi bahwa Ia akan jajan kalo aku ambil uang di ATM.. hmm..zzz..(antara lucu dan konyol juga.. 😅).

Terima kasih sayang, walaupun rengekanmu membuat Umi pusing, tapi kamu selalu mengertikan Umi dan perhatian dengan Umi.. big hug Sakura 😘



#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kelasbundasayang



@Institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...