Selasa, 30 April 2019

Game Level 2, Day 6 - Melatih Kemandirian

Oleh Desry Praharani







Bismillahirohmanirohim...

Alhamdulillah masuk hari ke 6 di Game Level 2. Walau keadaan seperti ini alias mual-mual kadang badan pengennya tidur-tiduran di kasur πŸ™ˆ. 
Harus tetap mengamati Sakura kegiatannya setiap hari. 
Soal kemandirian dari Sakura alhamdulillah beberapa sudah bisa dilakukan sendiri. Dari sikat gigi, mandi, cuci tangan, ambil minum atau mengambil benda atau apapun selagi terjangkau Ia lakukannya dengan sendiri. Pakai bajupum sudah bisa sendiri hanya saja, bagian kaos jika Ia pakai Kaos masih meminta tolong Uminua karena Ia masih kesulitan memakai kaos πŸ˜… (maklum kadang lubang kaosnya kekecilan). 

Hal yang kini rutin Sakura lakukan dan tanpa paksaan adalah ikut solat, terkadang ketika mendengar adzan Ia langsung memintaku untuk segera shalat dan shalat bersama-sama. 




Biasanya saya yang menjadi imam, atau terkadang Ia ikut shalat berjamaah dengan kakek & neneknya. Jika sedang di rumah nenek kakeknya. 

Alhamdulillah,, Ia pun semangat untuk mengikuti shalat walaupun terkadang masih belum fokus, masih bolak balik lari-larian atau main dengan benda sekitar tempat shalatπŸ˜…. Hal tersebut ketika sedang posisi berdiri Bacaan alfatihah & surat pendek. Walaupun demikian, tetapi Sakura selalu mengikuti bacaan yang dibaca imam. 



Ketika Ia melakukan hal yang positif, selalu diberikan apresiasi dengan kata yang positif. Agar Ia pun terus semangat dengan apa yang dilakukannya tersebut. Dan kata-kata yang selalu Ia ucapkan adalah. 

πŸ‘§πŸ»: "Umi , teteh anak yang baik ya? ". Sambil memlukku erat. 

πŸ‘©: " iya teteh anak yang baik dan solehah ,pinter". Pelukku kembali sambil mengusap-usap punggung dan kepalanya. 



Alhamdulillah demikian membuat Sakura sangat bahagia. Mungkin cara Sounding yang tepat untuk anak agar Ia mau melakukan sesuatu tanpa terpaksa tetapi memberikan dampak positif baginya, bahwa Ia tau apa yang dilakukannya tersebut adalah perbuatan baik. 

Aamiin.. 

Semoga selalu begitu ya sayang πŸ˜πŸ€—πŸ˜˜





#day6
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kelasbundasayang


@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...