Bismillahirohmanirohim..
Alhamdulillah sudah memasuki game Level 4 di Tantangan 10 Hari kelas Bunsay. 😍👏🏻
Game Level kali ini, tetiba saya semangat 45 💪🏻😍 berasa menjadi guru sebenarnya, maklum jiwa pendidik masih dalam diri masih ada sepertinya ilmu-ilmu yang didapat dari Kuliah dulu bisa diterapkan saat ini langsung ke Sakura.
Tabel Ciri-Ciri Gaya Belajar Anak
Tabel Ciri-Ciri Gaya Belajar Anak
Oke, kemarin sebelum Tantangan ini di mulai saya melakukan strategi untuk 17 Hari kedepan, bisa dibilang mungkin membuat RPP untuk Sakura sendiri.
Seperti inilah RPP yang saya buat, saya buat simple dan sederhana.
Saya memegang panduan dari buku paket Muslimah Creativity Book oleh Penerbit Ziyad yang mengacu pada KI-KD Kurikulum 2013 PAUD.
Seperti ini bukunya.
Hari Kamis
Tanggal: 11-07-2019
Buku: Diri Sendiri
Tema: Aspek Nilai Agama Moral
Indikator: Aspek nilai agama moral
Kegiatan awal:
Pertama-tama mengajak Sakura untuk duduk santai yang di hadapannya sudah tersedia buku Diri Sendiri dan pensil warna .Sebelum memulai mengucapkan Basmalah dan sedikit menerangkan mengenaik Ciptaan Allah SWT. Setelah Sakura sudah mulai paham, lalu saya mulai bertanya dengan beberapa gambar di dalam buku dengan Pertanyaan .
Manakah yang termasuk Ciptaan Allah dan Ciptaan Manusia?
Respon:
Awalnya masih sedikit bingung dan ragu-ragu.
Tindakan:
Lalu saya mengajak Sakura menerawang, yang pernah Sakura lihat mengenai manusia (orang) yang biasa membuat benda-benda yang ada pada gambar.
Hasil Kegiatan:
Akhirnya Iapun mulia mengerti bahwa benda-benda mati seperti di gambar adalah yang biasa dibuat oleh manusia. Sedangkan makhluk hidup dan sesuatu yang ada di langit adalah Ciptaan Allah.
Kendala:
Sempat terjadi kurang mood pada Sakura ketika diajak untuk menebak hal yang ada di gambar, tetapi setelah diajak diskusi sambil mengajak Sakura berimajinasi. Alhamdulillah Iapun mau melakukannya .
Hasil akhir kegiatan:
Setelah semuanya dimengerti oleh Sakura mengenai indikator materi hari ini . Lalu saya mengajak Sakura untuk mewarnai gambar di dalam buku sambil mengajaknya berimajinasi kembali.
Alhamdulillah.. belajar hari pertama berjalan dengan baik.
Memang tidak mudah mengajak anak belajar, tetapi mengajaknya sambil bermain atau berimajinasi akan membuatkanya merasa asyik.
Hal sederhana seperti ini untuk usia Sakura sangatlah cukup. Sambil sedikit-sedikit mengenalkan Sakura tentang Ciptaan Allah (menumbuhkan tauhid dalam diri Sakura). Aamiin.
Tabel Pengamatan Gaya Belajar Anak
Gaya belajar sakura yang selama ini saya amati adalah termasuk gaya belajar Visual.
Alhamdulillah, Tantangan hari pertama terlaksana dengan baik. Walaupun masih banyak kekurangannya termasuk dari saya pribadi sebagai orangtua. Mudah-mudahan dengan ini dapat membuat Sakura lebih terbentuk (lebih matang) dengan Gaya Belajarnya yang sesuai dengan kepribadiannya.
😊😍💕🤗
#day1
#gamelevel4
#tantangan10day
#ilovetolearn
#kuliahbundasayang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar