Bismillahirohmannirohim..
Memasuki hari ke 2 untuk game level 4.
Alhamdulillah saat diajak untuk belajar , tidak ada penolakan dari Sakura, langsung menghampiri tempat depan rak bukunya.
Sebelum memulai berikut adalah Tabel Ciri-Ciri Gaya Belajar Anak.
Dan berikutnya adalah RPP Sederhana yang sudah dibuat sebelum tantangan ini di mulai. Dengan panduan buku dari Penerbit Ziyad yaitu Muslimah Creativity Book mengacu pada KI-KD Kurikulum 2013 PAUD.
ππππππππππππππ
Buku: Kebutuhanku
Tema: Aspek Nilai Agama Moral
Indikator: Mampu membedakan makanan yang halal & haram.
Kegiatan Awal:
Pertama-tama mengajak Sakura untuk belajar duduk di tempat depan rak bukunya. Lalu sebelum dimulai mengucapkan Basmallah .
Kegiatan inti:
Setelah itu saya mulai menjelaskan pengertian apa itu makanan halal dan makanan haram.
Lalu menerangkan makanan mana saja yang termasuk halal dan makanan yang yang termasuk haram. Dengan mencontohkan makanan yang diketahui Sakura atau yang biasa dimakan Sakura (khusus makanan halal) .
Setelah Sakura mulai mengerti, lalu menebak gambar yang ada pada buku tersebut.
Mana yang termasuk halal dan haram ?
Dengan terus mengulang-ulang mana halal dan haram. Agar Sakura mudah mengingat. Selain itu ,memberikan sebab mengapa makanan tersebut dinyatakan haram. Saya berusaha menjelaskannya dengan mengarahkan kepada kesehatan. Agar Sakura lebih paham bahwa makanan haram tersebut tidak baik untuk kesehatan.
Kegiatan akhir:
Setelah semuanya sudah paham. Lalu Sakura menjelaskan kembali melalui boneka-bonekanya. Seperti boneka babi dan anjing, yang termasuk haram (tidak boleh di makan).
Sakura sudah memahaminya. Maka kegiatan belajar ditutup dengan mengucapkan Hamdallah .. πππ»
Kendala dalam proses:
Agak kesulitan ketika menjelaskan sebab/alasan mengapa makanan tersebut dinyatakan haram.
Walaupun lebih ke alasan kesehatan, mudah-mudahn Sakura paham. Bahwa makanan yang tidak sehat tersebut tidak boleh dimakan. ππ€
Berikut adalah dokementasi saat proses belajar berlangsung.
Ini adalah lembar belajar hari ini. Dengan dibantu oleh saya memberikan tanda (✔️ dan ❌) karena Sakura belum dapat tulis menulis hanya menebak mana yang halal dan haram .
Kesimpulan kegiatan hari ini adalah:
Gaya belajar yang sesuai dengan Sakura hingga hari ke- 2 ini adalah Gaya belajar Visual.
Alhamdulillah.. kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada mogok/penolakan dari Sakura.
Masukan untuk saya pribadi adalah harus lebih memilih kalimat sederhana untuk menjelaskan sesuatu kepada Sakura dengan dasar ilmu yang kuat agar tidak salah dalam menyampaikannya. Aamiin π
#day2
#gamelevel4
#tantangan10day
#ilovetolearn
#kuliahbundasayang
@ibuprofesionalbandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar