Kamis, 21 November 2019

Game Level 8_Day 2_Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini

Oleh Desry Praharani




Game Level 8
Day 2

Patner: Anak usia 4, 5 tahun.

Bismillahirohmanirohim..

Alhamdulillah memasuki hari ke 2 ditantangan Game Level 8.
Sebenarnya ini kejadian kemarin sore. Sayang aja sih klo ga dimasukan ke dalam tantangan Game Level 8 ini 😁.

Kemarin sore jam 5an Kami pergi ke taman alun-alun. Kebetulan mau beli sate Madura. Selain itu, banyak wahana anak-anak juga di sana sekalian ajak sakura bermain. Karena semenjak pulih dari sakit campak Ia belum bermain di luar rumah. Kasian juga di rumah sudah mulai BT dengan aktivitas rutin sehari-sehari di rumah.

Sebelum bermain, saya selalu bertanya dan memberikan perjanjian jika mainnya hanya yang dipilih saja. Berhubung bermain wahana berbayar jadi cukup sekali main 1 wahana. Karena takut kemalaman dan melewati makan malam.
Alhamdulillah Sakura pun menyetujuinya dan Ia hanya naik kereta-keretaan yang di bandrol 10ribu selama bermain beberapa menit.

Lumayan walaupun main kereta-keretaan membuat Sakura happy dan moodnya kembali baik.
Dan tak lupa boneka kesayangannya "Dino" selalu dibawa kemanapun Ia pergi 😅.





Dengan hal seperti ini saya menanamkan untuk meminimalisir pengeluaran terutama budget untuk Sakura.
Agar Sakurapun tidak terlalu berlebihan dalam mengeluarkan budget keuangan untuk sekedar keinginannya semata. Tetapi harus memilih mana yang memang sedang Ia butuhkan saat itu.

Misal. Yang sedang ia butuhkan adalah bermain di luar rumah (playground/wahana) maka budget yang keluar hanya untuk bermain.
Jika keperluannya adalah untuk membeli jajanan/cemilan. Maka yang keluar khusus untuk membeli makanannya saja. Tetapi, kemarin budget yang keluar adalah untuk keperluan bermain & membeli makanan. Sehingga budjet yang keluar harus dibatasi&dibagi 2.
Sakurapun mulai mengerti tentang budget yang harus keluar dibatasi walaupun Ia belum paham dengan jumlah nominal budgetnya. Yang jelas ketika Ia meminta sesuatu yang diluar batas harganya, saya langsung menyetop dengan alasan, "uang yang dibawa umi hanya cukup untuk beli ini aja. Lain kali aja ya belinya." 😊
Alhamdulillah Sakurapun paham dan tidak memaksa untuk membelinya.
Semoga Sakura bisa lebih paham akan hal ini bahwa segala sesuatu tidak bisa langsung hari itu didapatkan .Asalkan kita sebagai orangtua dapat menjelaskannya dengan baik, insyaAlah anakpun akan mengerti. 😊






#day2
#gamelevel8
#tantangan10hari
#cerdasfinansial
#kelasbundasayang
@Institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...