Rabu, 08 Agustus 2018

NHW#1_ADAB MENUNTUT ILMU







Tugas Nice Home Work (NHW) Ke -1 
Matrikulasi Kelas Bandung 1 Bacth#6
Tentang 
“ADAB MENUNTUT ILMU”

Oleh Desry Praharani



Bismillahirohmannirohim..
Ketika hendak mengetik ini sebenarnya masih banyak hal didalam otak saya tanda tanya besar..? setelah sudah mengikuti beberapa pekan di kelas Martikulasi batch#6  di Institut  Ibu Profesional ini, banyak hal yang saya sadari dan hal yang tidak saya ketahui sebelumnya. Saya merasa bersyukur karena dapat bergabung belajar di kelas ini. Kini sudah mulai memasuki tugas NHW#1 mengenai “Adab Menuntut Ilmu”.
Dengan perenungan beberapa hari ini, meluruskan niat serta meluruskan pikiran saya yang awalnya masih kaku dan baku seperti pemikiran jaman dulu ketika saya akan memasuki Perguruan Tinggi, yang akan memilih sebuah fakultas dan jurusan yang dapat menentukan sebuah pekerjaan setelah lulus kuliah. Tapi di Universitas Kehidupan ini berbeda dengan Universitas profesi dunia. Yang yang tanggapi dari kata Universitas Kehidupan saya teringat bahwa ternyata ketika Allah SWT menciptakan manusia didunia pasti ada tujuannya, seperti halnya Allah SWT menciptakan saya di dunia ini menjadi seorang wanita, pasti ada tujuan, karena Allah SWT tidak akan menciptakan makhluk/benda dengan sia-sia, seperti yang sudah dicantumkan di dalam Al-Qura’an banyak sekali pembahasan mengenai wanita. Mari kita buka kembali Al-Qur’an agar kita dapat meresapi dan memahami, apa tugas kita sesungguhnya sesuai perintah Allah SWT.
Di materi pertama ini ada beberapa pertanyaan yang harus saya jawab sesuai dengan pemahaman dan pemikiran saya mengenai Adab Menuntut Ilmu. Berikut petanyaan dan jawaban yang saya paparkan.  
1.     Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di Universitas Kehidupan ini.
Jawaban:
Allah yang telah menciptakan saya sebagai manusia yang bergenre perempuan, maka saya ingin melaksanakan tugas saya sesuai perintah Allah SWT, yaitu menjadi wanita solehah yang menerapkan sesuai syariat Islsm, selain itu saya yang kini sudah menjadi seorang istri dan juga ibu dari anak saya, saya ingin menjadi istri dan ibu solehah yang dapat menenangkan suami dan anak-anak saya. Dengan segala kekurangan yang saya miliki saya berusaha untuk menjadi yang terbaik untuk mereka semua, yang dapat fokus diranah domestik agar peran saya sebagai istri dan ibu dapat full dirasakan oleh suami dan anak saya.

2.     Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?
Jawaban :
Alasan saya adalah saya yang memiliki kekurangan dalam segi kefokusan, yaitu saya yang tidak fokus pada beberapa bidang, hanya mampu 1-2 bidang yang saya dapat lakukan. Maka dari itu saya memutuskan untuk full mom di rumah, agar kewajiban saya ini dapat saya lakukan semaksimal mungkin, hanya saja sayapun manusia yang memiliki fitrah bakat yang sudah tertanam dalam diri saya, sayapun ingin belajar banyak lagi menggali tetang bakat saya yang mungkin bisa bermanfaat untuk keluarga dan orang lain yang tentunya bisa saya lakukan didalam rumah.

3.     Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan dibidang tersebut?
Jawaban:
-         Bersabar
Saya tergolong orang yang mood-moodan dan baperan bahkan terbilang ceroboh, ga sabaran, dengan saya berusaha melaksanakan kewajiban saya ini, saya bisa belajar banyak dengan yang namanya “sabar” karena menjadi seorang istri dan ibu itu memang tidak mudah, butuh kesabaran ekstra tinggi, butuh ketenangan hati dan pikiran agar semua bisa dilakukan dengan baik.

-         Bersyukur
Dengan saya yang mulai fokus di ranah domestik saya berusaha untuk belajar “bersyukur” dengan apa yang saya dapatkan setiap hari. Berusaha untuk tidak menjadi ibu dan istri yang tidak banyak menuntut kepada anak dan suami. Karena saya yakin Allah SWT sudah menakarkan rezeki untuk saya di dunia ini.

-         Ikhlas
Saya berusaha untuk belajar dengan yang namanya “ikhlas” dengan ketetapan dan ketentuan yang sudah Allah SWT berikan kepada saya, saya tidak harus menuntut diri untuk menjadi orang lain, walaupun terkadang ada keinginan ingin seperti yang lain, tetapi saya berpikir bahwa tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka dari itu saya pun berusaha untuk menjadi diri sendiri dengan keunikan yang saya miliki.

-         Tawakal
Dengan bertawakal saya selalu yakin bahwa semua yang terjadi atas izin Allah SWT. Yakin bahwa Allah akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hambaNya, serta selalu memberikan ujian atau cobaan sesuai dengan takaran masing-masing hambaNya.

4.     Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan dibidang tersebut?
Jawaban:
-         Mengikuti kulwhap/seminar online sesuai passion.
-     Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama (komunitas).
-         Membaca buku sesuai passion.
-         Mempraktekkan sedikit demi sedikit apa yang sudah didengar dan dibaca
-     Memasang tahapan target tiap hari, minggu, bulan dan tahun untuk mencapai passion.
-         Berusaha untuk berkonsisten dalam tiap tahapan-tahapan menuju passion.
-         Melakukan evaluasi untuk mengecek apabila terdapat kesalahan atau kendala ketika menjalani proses menuju passion.
-  Selalu bersabar, bersyukur, ikhlas, tawakal kepada Allah SWT ketika menanti/menerima hasilnya. Aamiin.

Waaahh..ga kerasa aja nulisnya udah sebanyak ini ^_^ kebiasaan kalo udah curhat lewat tulisan malah jadi nerolong ga berhenti. Hehe… mungkin inilah yang ingin saya lakukan ketika belajar di Universitas Kehidupan, Institut Ibu Profesional, semoga saya bisa bermetamorfosis seperti kupu-kupu yang indah sesuai harapan keluarga saya dan tentunya sesuai perintah Allah SWT. aamiin. J

 Salam Bandung 1


Desry Praharani.
Bacth#6











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...