Rabu, 27 Maret 2019

GAME LEVEL 1 (Day 1) Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Oleh Desry Praharani
Kelas Bunda Sayang Batch#5
Bandung





Bismillah...
Tiba saatnya Game level 1 tantangan 10 hari di kelas Bunda Sayang Batch#5 ini. Sebelum memulai game level 1 day 1 ini. Kemarin saya memulai untuk membuat strategi yang akan saya laksanakan berupa komprod kepada anak saya. 
Mungkin saya awali terlebih dahulu dengan 2 pont yaitu:

1. Intonasi suara dan gunakan suara ramah
2. Ganti kata "TIDAK BISA" menjadi "BISA"

mengapa saya ambil 2 point tersebut?
karena menurut saya 2 point tersebutlah yang sering dan mungkin lupa saya lakukan dan sering keceplosan kepada Sakura. Sehingga Sakura sering merasa tidak percaya diri dan takut. yaitu mungkin takut dimarahi atau dilarang oleh Umminya. 

yaa..saya mengakui jika selama masih berbicara dengan intonasi tingga jika sudah merasa risih dan kesal dengan tingkah laku Sakura yang uring-uringan. selain itu, sering menyalahkan Sakura ketika Ia melakukan kesalahan, yang membuat Ia menadi kurang percaya diri.

Jika direnungi, semuanya adalah salah saya sendiri yang belum dapat sabar menghadapi Sakura.

kini saya akan memulai 2 point tersebut agar dapat memperbaiki dari hal yang mungkin masih dilakukan sehari-hari, agar kedepannya dapat lebih diminimalkan perilaku tersebut.

Saat pagi hari, seperti biasa saya menyuruh Sakura untuk mandi. Setelah mandi saya menyuruhnya untuk gosok gigi yang sudag disiapkan. 
Kemudian, Sakura memanggilku. 
"Ummi, teteh ga bisa sikat gigi." 

saya tahu sebenarnya Sakura bisa melakukan gosok gigi sendiri semejak kecil. Tetapi karena sering saya kritik cara menggosoknya agar bersih dan tidak main-main. Mungkin akhirnya Ia menjadi merasa tidak percaya diri untuk melakukan hal tersebut, sehingga menjadi manja dan selalu meminta tolong saya untuk membantunya.

Saat itulah saya mencoba untuk merendahkn intonasi suara saya kepada Sakura dan mulai memberikan stimulus sebuah motivasi jika Sakura "BISA" gosok gigi sendiri karena sudah besar.

"Ayo, teteh kan sudah besar sebentar lagi mau sekolah, belajar gosok gigi sendiri ya, teteh bisa ko. Nanti gosok giginya depan, samping kanan kiri, belakang dan dalam ya, pelan-pelan saja ya sayang."

Alhamdulillah..mendengar kata-kata saya seperti itu. Sakura langsung bersemangat dan menggosok giginya dengan tersenyum.







Saya bersyukur, akhirnya saya dapat melakukan Komunikasi Produktif di hari pertama, selain itu hal tersebut mulai dibiasakan, ketika Sakura mulai manja dan uring-uringan.




Saat ini saya lebih memilih memfokuskan terlebih dahulu komprod pada anak. Berhubung suami sedang dinas di luar kota dan tidak memungkinkan untuk melakukan komprod dalam keadaan Ia sedang sangat sibuk dengan pekerjaannya yang tidak mungkin saya untuk mengganggunya.

Semoga, level selanjutnya dapat berjalan dengan lancar dan menjadi sebuah jalan untuk saya memperbaiki dalam komunikasi dengan anak.aamiin



#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
  




1 komentar:

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...