Sabtu, 30 Maret 2019

GAME LEVEL 1 (Day 3) Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Oleh Desry Praharani
Kelas Bunda Sayang Batch#5
Ibu Profesional Bandung



Bismillahirohmannirohim...

hari ini adalah hari ke-3 Game level 1. Point yang akan saya lakukan adalah:

1. Mengatakan keinginan
2. Ganti perintah dengan pilihan.



Di hari sabtu ini, awalnya kami akan pergi berkunjung ke rumah nenek & kakeknya Sakura dari Abinya (mertua saya). Sakura ini nampak selalu tidak mau pergi ke tempat atau rumah yang lain, Ia lebih senang main di rumah sendiri, jika main ke luar. Ia hanya ingin pergi ke tempat bermain yang dapat membuatnya bereksplor. Jika tempat tersebut tidak membuatnya bereksplor maka Ia tidak akan nyaman atau betah.
Bujukan saya untuk bermain ke rumah nenek & kakeknya berhasil.
👩: "Teteh, nanti siang, main ke rumah nenek & abah ya?"
👧: "Mau apa kesana?"
👩: "Ummi mau kasih rangginang buat nenek & abah."
👧: "ooh..boleh, tapi sebentar aja ya Mi."
Jawabnya sambil kembali fokus pada mainannya.

Tetapi, ketika akan berangkat cuaca mendung dan hujan turun. Akhirnya kami tidak jadi pergi ke rumah mertua. Melihat tumpukan baju yang belum disetrika, sayapun beralih untuk membereskan pekerjaan rumah terlebih dahulu. Jika memungkin cuaca nanti sore cerah, kami akan pergi mengunjungi mertua saya (nenek&kakeknya Sakura).

Saat saya menyetrika, Ia pun mengikuti apa yang saya lakukan, Seperti itulah Ia, selalu meniru apa yang saya lakukan, Ia ikut menyetrika dengan setrika mainanna.
Setrikaanpun selesai, biasanya Ia selalu menawarkan jasa untuk membantu menyimpan pakaian yang sudah disetrika ke dalam lemari. Tetapi kali ini Ia sama sekali tidak menawarkan jasa tersebut, karena terlau fokus dengan tontonannya. Saat itu sayapun mengutarakan keinginan saya untuk membantu saya kepada Sakura. Selain itu, saya menawarkan sebuah pilihan yang bermaksud memerintahnya dengan kesan, agar Ia tidak merasa diperintah.

👩: "Teh, Ummi mau minta tolong sama teteh, boleh?"
👧: "Boleh mi."
👩: "Baju teteh udah di setrika semua, Teteh boleh bantuin Ummi simpan bajunya? Teteh pilih mau bawa yang mana?"
👧: "hhmm..teteh bawa baju teteh aja ya Mi."
👩: "Boleh sayang, mau berapa yang dibawa?"
👧: "hhmm..teteh bawa 4 baju dulu ya Mi." (Sambil menghitung jumlah baju yang kan dibawa olehnya untuk disimpan di dalam lemari."
👩: "oke, terima kasih sayang."
👧: "sama-sama Ummi." Ia pun berlalu menuju kamar untuk menyimpan pakaian yang dibawanya.






Alhamdulillah, 2 point Komunikasi Produktif di hari ke-3 berjalan dengan lancar. Semoga hal ini terus dapat dipraktikkan setiap harinya, agar tercipta keharmonisan kami di lingkup keluarga kami. aamiin.

"Terima kasih sayang atas kerjasamanya, semoga kita menjadi ibu dan anak yang kompak ya 👩👧"




#hari3
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...