Rabu, 03 Februari 2021

Peta Belajarku_Self Care_Kelas Buncek#2

 Bismillahirrohmannirohim...❤❤❤




Peta BelajarKu - Self Care 

Memutuskan hanya 1 bidang keterampilan yang memang bagi saya Suka-Bisa dan Penting-Mendesak.
Jadilah 1 pilihan yang ternyata yang saya butuhkan saat ini. Yaitu Self Care.

Sebelumnya di jurnal Orange ada 5 keterampilan. Berikut jurnal orange yang saya buat.




Sebelum memutuskan Self Care yang menjadi pilihan. Saya lihat kembali Strong Why nya saya apa sih?? 

🌸Strong Why🌸

1. Menjadi diri, istri, ibu yang bahagia dan sehat.

2. Menjadi hamba yang beriman dan bertakwa.

3. Dapat menjalankan peran sesuai fitrahnya.

4. Dapat melakukan tanggung jawab lebih produktif.

Berikut peta belajar yang saya buat.


Self Care :

💐 Pola Tidur = pola tidur bagi saya sangat mempengaruhi kesehatan diri saya. Jika saya dapat tidur berkualitas maka stamina saya pum sehat bugar, bangun pagi pun pemuh energi untuk melakukam segala aktivitas sehari-hari.

Pola tidur seperti apakah menurut saya?

Tidur tidak terlalu malam, waktu tidur maksimal pukul 22.00 WIB. Lalu bangun pagi pukul 04.00 WIB. Maka tidur malam sebanyak 6 jam cukup bagi saya. Selain itu, tidur siang minimal 1 jam cukup. Untuk mengistirahatkan badan yang telah melakukan pekerjaan dari subuh sampai siang. Agar menjelang sore sampai malam badan tetap fit.


💐 Pola Makan = Bagi saya pola makan saya sangat penting. Karena saya mempunya penyakit maag yang sudah terbilang parah. Sehingga harus selalu makak tepat waktu 3x sehari disambi dengan cemilan di sela-sela jam makan. Karena jika sampai telat makan atau perut kosong. Maka semuanya bakal ambyaaarrr...sakit kepala, badan lemas...pokoknya akan menghambat untuk melakukan aktifitas lainnya. Apalagi dalan situasi sedang menyusui,pastinya pola makanpun bertambah. 

💐 Rohani = Berusaha menjadi hamba yang lebih beriman dan bertakwa. Karena ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya. Ingin anak soleh solehah maka ibunyapun harus solehah terlebih dahulu. Dari sini sayapun menyadari, bahwa orangtua itu Role Mode bagi anak-anak. 

💐 Perawatan diri= Sebagai istri dan ibu walaupun hanya berkutat di rumah saja, tetap harus terlihat cantik dan sehat bugar bahkan wangi. Siapa sih yang ga suka lihat istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak ngeliat rapi, wangi, cantik, sehat??? Biasanya akan memperngaruhi orang sekitar juga lho..jadi malah bikin pada nempel-nempel semua 🥰

💐  Me Time= Bagi emak-emak yang berkutat di rumah dan rumah terus. Pasti kan ngerasa bosen, bete. Setiap harinya berkutat dengan pekerjaan itu lagi itu lagi..tapi tahukah bahwa pekerjaan pekerjaan tersebut juga memakai tenaga dan Pemikiran? Yang pada akhirnya emak butuh istirahat...istilahnya pengen rebahan bentar...rebahan bukan berati malas-malasaan ya.. Tapi hanya untuk menikmati waktu sendiri, sambil melakukan yang disukai. Seperti baca buku, nonton drakor, makan mie spesial yang nikmat tanpa diganggu anak-anak. Dll..haha 😆 bolehlah yaaa...biar emak selalu waras ga stres..hehe..


Wahhh...penjelasannya malah jadi curcol..hehe..😆


Semoga dengan Self Care ini saya bisa menjalankan peran saya lebih baik lagi dari sebelumnya.aamiin 


#institutibuprofesional

#kelasbundacekatan2

#petabelajar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnal Pekan 8 _ Tahap Kupu-Kupu

  MasyaAllah Alhamdulillah sudah masuk ke jurnal pekan 8, pekan terakhir di tahap kupu-kupu. Walaupun di tahap ini, godaan banyak sekali. Ra...